Apa Itu Bounce Rate Dan Penyebabnya

di artikel ini saya akan menjelaskan Apa Itu Bounce Rate?, Apa Penyebab Terjadinya Bounce Rate?, Dan Faktor Tinggi Rendahnya Bounce Rate.Banyak Blogger yang tidak memperdulikan Bounce Rate, Keberadaan Bounce Rate sebuah Blog / Website memang murni.

Apa Itu Bounce Rate Dan Penyebabnya


Apa Itu Bounce Rate?
Bounce rate adalah rasio jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada blog yang Anda miliki. Bounce rate dihitung menggunakan rumus sebagai berikut.

Bounce rate= (Jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman blog/Jumlah kunjungan total) x 100%.


Jika dalam 1 bulan blog anda di kunjungi 20.000 Visitor, sedangkan pengunjung yang hanya membaca 1 halaman adalah 11000. dengan ini Bounce Rate Blog anda adalah (12.000/20.000)x100%= 60% ( mohon maaf jika penghitungan saya salah :'D ).

NB : saran saya maksimal Bounce Rate blog / Website adalah 20%

Penyebab bounce rate 
Beberapa Penyebab Tinggi Rendahnya Bounce Rate pada sebuah Blog / Website, di bawah ini akan jelaskan beberapa penyebabnya :

1.Kecepatan Loading Blog
Blog yang loadingnya lambat akan membuat pengunjung untuk batal mengunjungi website anda, sehingga akan membuat Bounce Rate Website / Blog anda meningkat. jadi saran saya gunakanlah template yang ringan dan jangan terlalu banyak memasang iklan.

2.Tata Letak Design
jika ingin mendapatkan Bounce Rate yang baik sebaiknya anda memperhatikan tata letak design, sebaiknya tata letak desain anda tidak rumit, menurut saya untuk widget blog cukup memasang Popular Posts, Archive, Label. jika tata letak desain anda rumit, ini akan membuat pengunjung tidak ingin menjelajahi Blog / Website anda.

3.Kualitas Konten
Kualitas Konten juga mempengaruhi Bounce Rate, jika konten anda tidak berkualitas ini akan pengunjung tidak puas dan tidak akan mengunjungi Blog anda. sebaiknya rajinlah membuat konten, saran saya jangan hanya Copy Paste, buatlah unik konten dan update secara teratur Blog anda.

4.Internal Link
Semakin banyak internal link di Blog anda, maka ini akan membantu menurunkan Bounce Rate.di karenakan pengunjung akan di beri kemudahan untuk mengunjungi halaman / artikel lain, dengan memasang Relate Posts atau menambahkan link di artikel.

Baca Juga :
- Apa Itu Backlink? Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink?


5.Ekternal Link
semakin banyak external link maka kemungkinan akan membuat banyak pengunjung mengunjungi Blog anda sehingga akan membantu menurunkan bounce rate.untuk mendapatkan external link kalian bisa melakukan Backlink.

Keberadaan bounce rate memang tidak begitu diperhatikan oleh blogger.melihat fungsinya yang sangat besar sebagai salah satu fakto kinerja sebuah blog maka mulai sekarang Anda harus belajar untuk mengenal dan mengoptimalkannya dengan baik. sekian artikel Apa Itu Bounce Rate Dan Penyebabnya semoga bisa membantu menurunkan bounce rate blog anda.

0 Response to "Apa Itu Bounce Rate Dan Penyebabnya"

Post a Comment

wdcfawqafwef